pa1607105-0008

Mototeach – bro, gimana rasanya klo udah kerja maksimal tapi masih aja ada pendapat miring yang mendelegitimasi hasil kerja kita? Utamanya pasti efeknya adalah perasaan kita jadi gak nyaman, dan mungkin lebih dari itu. Yap, itulah yang terjadi sekarang dan menimpa Marc Marquez. Rumor yang berkembang adalah marc juara karena balas jasa Jorge atas kemenangannya tahun 2015 lalu.

Pendapat ini bukan tanpa alasan, Jorge yang sedang fight dan sedang memasang target mengejar rossi dikelasmen dua akhirnya crash dengan indahnya. Praktis tidak ada lagi penantang yang bisa menghentikan laju marquez merengkuh gelar juara dunia. Pendapat ini sesuai dengan sorotan seorang carlo pernat, yang menilai Lorenzo terlalu mudah membiarkan marc juara tanpa perlawanan.

“Saya kira jatuhnya Valentino dan Lorenzo adalah hal yang berbeda, Marquez menang karena Rossi jatuh, ini bisa dilihat dari kecepatannya karena Rossi punya kecepatan untuk memenangkan podium jika tidak melakukan kesalahan. Namun yang lebih buruk adalah Lorenzo, sebenarnya dia cukup berada di tempat ketiga, tidak ada alasan untuk mengambil resiko dengan Dovi di belakang, Lorenzo telah menunjukkan sikap mental yang salah”

watch-jorge-lorenzo-s-only-crash-so-far-this-year-video_3

Pendapat tersebut bisa jadi benar tetapi bisa jadi salah, kadar kebenarannya relative kecil karena sifatnya subyektif. Yang perlu menjadi catatan bagi kita adalah semua hal yang udah masuk ke ranah public pasti akan menjadi konsumsi public. Konsekuensinya adalah semua hal tadi, tidak bisa bebas opini ataupun statement. Karena sifatnya terikat, masalah benar salah bisa menjadi relative dan kabur karena yang berkembang adalah praduga.

Namun demikian, opini untuk Jorge yang mengatakan dia sengaja membantu marc lebih mudah memenangkan titel juara, sah-sah saja. Mau bilang begini, begitu, dan sebagainya silahkan. Tapi kembali, pendapat apapun adalah bentuk bebas tafsir dari berbagai sudut pandang. Masalah kebenarannya masih membutuhkan pengujian empiric, dan ini agak ribet. Yang menarik justru disini adalah pendapat rossi yang malah menepis rumor tersebut,

“Tidak, saya tidak ingin berfikir seperti itu. Ini olahraga profesional dan saya rasa tak mungkin Jorge melakukan itu, terlebih peluang saya sudah tertutup sejak saya mengalami kecelakaan. Namun banyak orang membicarakan hal ini, tapi saya tak ingin mencampurinya. Jika memang benar, Jorge telah benar-benar merusak profesionalitas dalam olahraga ini,” ujar rossi.

The doctor sudah secara gentle menyikapi rumor tersebut secara bijak dan tepat, maka kita sebagai fans sepatutnya juga proporsional menyikapinya. Boleh baper, asal gak kena kanker.

buat fans boy ada opini?

Mototeach,